Kisi-kisi Mata Pelajaran SKI - ASAS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025
- Peserta didik dapat menyebutkan nama pembesar Khuza’ah yang pertama mempraktekan menyembah berhala
- Disajikan suatu karakter positif bangsa Arab Jahiliyah, peserta didik dapat mengidentifikasi karakter negative bangsa Arab jahiliyah yang bertentangan dengan Hak Asasi Manusia.
- Disajikan salah satu fungsi pasar pada masa Arab pra Islam, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi pasar lainnya
- Peserta didik dapat menyebutkan kekuatan politik yang mempengaruhi politik Arab sebelum Islam
- Disajikan suatu cerita tentang kerajaan Saba’, peserta didik dapat menjelaskan penyebab kerajaan Saba’ menjadi kerajaan yang terkenal
- Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat menyebutkan nama jabatan yang ada pada pemerintahan Hijaz
- Peserta didik dapat menyebutkan waktu nuzulul qur’an
- Disajikan suatu pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan Dalil Al Qur’an yang menunjukkan Nabi Muhammad sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta
- Disajikan suatu pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan sifat yang sesuai dengan tugas seorang Rasul
- Disajikan suatu pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi hal-hal yang termasuk pada Misi Dakwah Nabi sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta
- Disajikan suatu pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi tugas Nabi Muhammad saw, yang menjadi bukti bahwa beliau merupakan rahmat bagi alam semesta
- Disajikan suatu pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk rahmat yang ditunjukkan Nabi Muhammad untuk seluruh alam semesta
- Disajikan suatu pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi karakter yang patut diteladani dari sifat Rasulullah saw
- Disajikan suatu pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi karakter yang patut diteladani dari cara dakwah Rasulullah Saw.
- Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat menyebutkan nama-nama sahabat Nabi yang mendapat siksa dari kafir Quraisy
- Disajikan suatu pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan golongan yang paling menentang dakwah Nabi Muhammad
- Peserta didik dapat menyebutkan karakter yang menjadi modal kesuskesan dakwah nabi Muhammad di Mekkah
- Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang menyebabkan kafir Quraisy menolak keras ajaran Nabi Muhammad Saw
- Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat menyebutkan bentuk pemboikotan kafir Quraisy kepada Bani Hasyim
- Peserta didik dapat menyebutkan orang-orang yang pertama masuk Islam
- Peserta didik dapat menyebutkan orang yang pertama masuk Islam dari golongan budak (hamba sahaya)
- Peserta didik dapat menyebutkan nama istilah orang yang masuk islam pada fase dakwah sirriyah/sembunyi-sembunyi
- Peserta didik dapat menyebutkan nama tempat dakwah awal nabi Muhammad secara terang-terangan dengan benar
- Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat mengidentifikasi isi pengumuman boikot atau embargo yang dilakukan kafir quraisy terhadap Bani Hasyim dan Bani Abdul Mutholib
- Disajikan suatu cerita pesrta didik dapat menyebutkan pemimpin hijrah ke Habsyi
- Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat menyebutkan istilah pada saat meninggalnya paman dan istri Rasulullah
- Disajikan suatu cerita, peserta didik mengidentikasi hal yang menjadi alasan Rasulullah memerintahkan pengikutnya hijrah ke Habasyah
- Peserta didik dapat menyebutkan kepercayaan dan agama yang dianut penduduk di Madinah
- Peserta didik dapat menyebutkan kabilah Yahudi yang ada di Madinah
- Peserta didik dapat menjelaskan tentang pengertian agama pagan
- Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat menjelaskan alasan kafir quraisy tidak menyiksa keluarga Nabi Muhammad
- Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat mengidentifikasi faktor yang mendorong Nabi Saw memilih Madinah sebagai tempat hijrah
- Peserta didik dapat menyebutkan nama masjid yang dibuat oleh Nabi Muhammad Saw. di atas tanah yang dibeli dari penduduk Madinah
- Peserta didik dapat menyebutkan nama undang-undang yang dibuat Nabi Muhammad saw yang menjamin persamaan hak dan kebebasan beragama bagi orang-orang Yahudi Nasrani
- Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi masjid pada masa Rasululloh
- Disajikan suatu cerita, peserta didik dapat menyebutkan nama ba’iat yang dilakukan penduduk Madinah dengan Nabi Muhammad yang mengajak Nabi untuk hijrah ke Madinah
- Disajikan suatu cerita perang Khandak, peserta didik dapat menyebutkan nama sahabat yang mengusulkan pembuatan parit disekitar Madinah
- Peserta didik dapat menyebutkan nama perang yang pertama kali terjadi dalam sejarah Islam
- Peserta didik dapat menyebutkan nama perang yang pada perang tersebut kaum muslimin mengalami kekalahan ada sekitar 70 orang pasukan kaum muslimin gugur sebagai syuhada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar